Selama Ini Website Paling Hoax Salah Satunya Seword.com, Tapi Tak Pernah Tersentuh Hukum

(Ambiguistis) - Siswanto Rawali, Ketua Bidang Komintel Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah melaporkan situs Seword.com ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan harapan agar situs tersebut segera diblokir.


“Agenda kita ke Kominfo yaitu melaporkan agar situs Seword.com segera diblokir. Alasannya situs tersebut kami nilai sebagai salah satu produsen hoax selama ini,” ungkap Siswanto melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Kamis (12/10/2017).

Tuduhan tersebut diungkapkan Siswanto lantaran memiliki bukti postingan tulisan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kevalidannya. Bahkan, postingan situs tersebut dinilai bersifat tendensius, menyebar kebencian dan memancing provokasi bernuansa SARA.

“Maka sebagai bentuk tanggung jawab moril kebangsaan maka kami PP Pemuda Muhammadiyah melaporkan Seword.com ke pihak yang berwenang untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” ungkap Siswanto.

Selain melaporkan Seword.com ke Kominfo, Pemuda Muhammadiyah juga melaporkan situs tersebut ke jajaran Cyber Crime Bareskrim Polri. Siswanto mengungkapkan, ada dua objek laporan, yaitu pemilik situs Seword.com dan penulis opini yang terbukti bermuatan tendensius, ujaran kebencian dan mengandung provokasi SARA.

“Kita tidak ingin jagad informasi komunikasi kita dipenuhi dengan sampah, noise, hoax dan ujaran kebencian lainnya yang dipicu oleh opini provokatif di media dan internet,” terang Siswanto.

Ia melanjutkan, selama ini situs Seword.com diduga menjadi media yang memfasilitasi opini hoax, provokatif, ujaran kebencian dan sebagainya.

“Pelaporan ini kami maksudkan terutama sebagai pembelajaran bagi kita sebagai negara yang beradab yang berdasarkan hukum agar setiap orang memiliki tanggung jawab atas ujarannya di media,” ungkapnya.

Terakhir, ia berharap semoga setiap masyarakat memiliki kesadaran untuk menciptakan keharmonisan berbangsa dan bernegara.

“Semoga aparat pemerintah dalam hal ini Kominfo dan Kepolisian memiliki persepsi yang sama dengan kita Pemuda Muhammadiyah. Sehingga proaktif menindaklanjuti laporan kita,” tukasnya. (Ambi/Kiblat)

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon