Apakah Ada Manusia Selain Nabi yang Memiliki Gelar Ma'sum? - Ustadz Adi Hidayat

Tags

(Ambiguistis) - Salah satu esensi Islam adalah bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Jika ada orang yang mengaku bertuhan kepada Allah dan Muhammad Nabinya tapi ada nabi lain yang diikuti maka ia bukan Islam. Ada juga yang mengakui tuhannya Allah tapi tidak mengakui Nabi Muhammad sebagai Rosul terakhir, maka ia bukan Islam.


Lebih berbahaya lagi, ada yang mengaku menyembah Allah dan Nabinya Muhammad tapi mengangkat imam yang dianggap ma'sum. Maka ia bukan Islam sebab tidak ada yang ma'sum selain Nabi Muhammad.

Salah sifat karakter kenabian yang khas dari Nabi Muhammad adalah ma'sum. Ma'sum artinya diselamatkan oleh Allah dari perbuatan dosa. Dalam istilah awam biasa disebut dengan suci dari dosa.

Sebagai contoh, ada Ormas Islam terbesar di Indonesia memiliki nama Muhammadiyah. Maka arti dari namanya adalah pengikuti Muhammad. Salah satu penyebutan dalam bahasa Arab untuk menandakan pengikuti seseorang atau sesuatu maka ditambahkan "yah" di belakangnya.

Misalkan muncul aliran sesat bernama Ahmadiyah. Maka organisasi itu menisbatkan diri sebagai pengikut Ahmad. Kenapa kemudian Ahmadiyah disebut sesat, itu karena mereka mengakui ada Nabi lain sebagai Muhammad sebagai Nabi penutup.