Munafik Paling Tinggi, Munculnya Kata Minggu, Fatwa KH Hasyim Asy'ari Larangan Ikut-Ikutan Ibadah Agama Lain - Ustadz Adi Hidayat

Tags

(Ambiguistis) - Kemunafikan yang paling tinggi adalah toleransi yang kebablasan. Beribadah dengan agama lain yang kadang ia hatinya ingkar tapi ia merestui ibadah itu. Buya Hamka berkata sesungguhnya orang-orang yang terjebak dalam kemunafikan tingkat tinggi yaitu orang yang hadir pada ibadah agama umat lain. Itu adalah hipokrit tingkat tinggi kata beliau.


Orang yang datang pada suatu tempat tapi hatinya tidak suka, ini hal yang aneh. KH. Hasyim Asy'ari pernah menulis 19 kitab. Kitab yang kedua berjudul Risalah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Pada halaman ke-14 paragraf pertama dituliskan awal munculnya bid'ah di tanah jawa. Bid'ah yang dimaksud adalah bid'ah dalam hal akidah bukan ibadah.

Kata beliau penduduk Jawa seluruhnya adalah Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Di tahun 1330 H, tiba-tiba entah dari mana datang paham sesat ke tanah Jawa. Di antara aliran menyimpang itu adalah Rofidoh (syiah).

Pada halaman ke-14 ada yang menarik kata Ustadz Adi Hidayat. Ditemukan pula orang-orang yang ikut-ikutan beribadah ke gereja-gereja. Gereka dibangun pada masa Portugis. Gereja aslinya bukan bahasa Indonesia melainkan bahasa latin.

Umat Islam pada hari Jum'at pergi ke masjid. Orang katolik yang awal muncul ini datang ke geraja datang ke tempat ibadah 2 hari setelah Jum'at. Ibadah mereka dilakukan dengan perantara. Ibadah mereka melalui perantara Santo Dominggo. Jadi ketika berangkat ketika ditanya mau ke mana, mereka berkata mau menyembah Dominggo.

Munculnya kata minggu

Perubahan kata Ahad menjadi Minggu adalah dari sini. Umat Islam yang ada di tanah Jawa yang awalnya akrab dengan kata Ahad berubah menjadi Minggu. Kemudian muncullah fatwa dari KH. Hasyim Asy'ari larangan ikut-ikutan ke geraja. Bahkan larangan pula mengikuti atribut mereka karena bisa terjebak dalam kekafiran.

Lucunya sekarang ada adzan di tempat ibadah orang lain. Ada pula buka puasa bersama di tempat ibadah orang lain. Tidak sedikit pula yang ceramah atau sholawatan di tempat agama lain.



EmoticonEmoticon