Mengikuti Manhaj Salafush Sholeh Dalam Memahami Islam - Ustadz Oemar Mita

Tags

(Ambiguistis) - Memahami pola beragama kita benar atau tidak adalah dengan menilai apakah sesuai dengan Al Quran dan Sunnah. Sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rosulullah dan para sahabat, kita dituntut untuk merujuk pada kedua sumber itu. Sebagai indikator utama kita memahami apakah kita tersesat atau tidak adalah cukup dengan melihat ada tidaknya dalam referensi. Ketika suatu ajaran ternyata tidak ada petunjuknya dari Al Quran dan Sunnah maka bisa dinilai secara pasti tersesat.


Setelah kita memahami secara benar metode memahami agama Islam, kita harus mempelajari mana yang sesat dan tidak. Jika kita melakukan perjalanan jauh dan kita belum paham jalan yang benar maka kemungkinan kita tersesat sangat besar. Meskipun pakai GPS, jika sinyal internet tidak baik maka tetap saja susah untuk mencari jalan yang benar.

Artinya, memang sebelum kita melangkah menapaki kehidupan maka kita harus mengenali jalan mana yang lurus. Jika di tengah jalan kita tersesat akibat godaan yang begitu besar, kita harus segera membuka GPS. Namun perlu diingat pula, sinyal GPS harus kuat. Sinyal ini adalah hidayah dari Allah.

Hidayah tersebar di mana-mana. Allah selalu menebarkannya di seluruh permukaan bumi. Jika kita tidak mendapatkan sinyal yang kuat di satu tempat, hendaknya kita mencari tempat yang lebih baik untuk mendapatkan sinyal itu.


EmoticonEmoticon