Begini Rahasia Menghafal Al Quran Ustadz Adi Hidayat Hingga Hafal Nomor Ayat Juga

Tags

(Ambiguistis) -Menghafal Al Quran kata Allah itu mudah bahkan sampai 4 kali disebutkan dalam Al Quran. Surat ke-54 ayat 17, 22, 32 dan 40. Boleh dilihat dalam Al Quran masing-masing. Allah menjamin dengan semudah-mudahnya untuk diingat oleh manusia. Dalam hal ini, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan beberapa kisah anak penghafal Al Quran.


Beliau mengisahkan anak usia 4 tahun, mata buta namun hafal Al Quran. Rekor penghafal Al Quran di Indonesia bernama Fajar. Lahir secara tidak sempurna namun sekali bisa bicara kalimat pertama yang keluar adalah Al Quran. Setiap diberi ASI lalu ayahnya membacakan satu juz dan begitu seterusnya. 

Beliau juga mengisahkan seorang nenek usia 82 thun yang tidak bisa baca tulis hafal Al Quran. Diperdengarkan Al Quran padanya selama 2 tahun oleh anaknya dan akhirnya bisa hafal Al Quran.

Ustadz Adi Hidayat sudah menyusun mushaf At Taisir. Metode yang diterapkan adalah metode bagaimana Al Quran memberikan petunjuk metode itu. Bahkan bukan hanya menghafal ayat Al Quran melainkan juga nomor ayatnya.

Metode menghafal Al Quran beserta nomor ayatnya:
  1. Gunakan mushaf Al Quran yang khusus untuk menghafal
  2. Tentukan halaman yang akan dihafal
  3. Baca ayat yang paling awal dulu
  4. Kemudian lihat yang paling akhir yang akan dihafal
  5. Biasakan lihat yang pertama dulu baru akhir dan sisakan yang tengah
  6. Lalu lihat ayat yang mirip



EmoticonEmoticon