Lebih Banyak Mana, Membahas Cara Bangun Pagi Atau Bahaya Tidur Pagi?

(Ambiguistis) - Kajian soal cara bangun pagi mungkin sudah banyak tipsnya. Namun apakah sudah banyak yang membahas soal bahaya tidur pagi?. Kalau membahas tips agar mudah bangun pagi, salah satu paling jitu adalah minum sebanyak mungkin sebelum tidur. Secara otomatis akan bangun tidur lebih cepat karena merasa ingin buang air kecil.


Masalahnya adalah godaan untuk tidur pagi biasanya jauh lebih besar. Tidur pagi memiliki banyak peluang untuk mencapai sesuatu. Energi pada saat pagi adalah pada puncaknya. Justru ketika tidur pagi, badan akan terasa lebih mudah lelah. Bukan hanya lelah, bahkan rasanya jadi lebih malas. Jadi wajar kalau orang yang lebih banyak tidur pagi hari maka ia akan lebih malas pada siangnya.

Komentar Ibnul Qoyyim soal Pagi dan Petang

Ibnul Qayyim juga mengomentari perihal tidur pagi ini. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Boleh jadi beliau menafsirkan demikian karena pagi ibarat hari yang cerah, semangat masih begitu tinggi dan juga tubuh masih segar. Harusnya ketika pagi itulah seseorang bisa lebih produktif. Tidak pula dipungkiri bahwa pagi adalah awal mulanya hari. Akan sangat tersia ketika pagi hanya digunakan untuk tidur sedangkan sore harinya ia harus mempersiapkan diri untuk menyambut malam. Akan terasa berat jadinya ketika paginya malas-malasan tapi sorenya justru menghabiskan waktu yang seharusnya untuk santai untuk bekerja keras lagi. Tentu malamnya akan terasa jauh lebih melelahkan.

Tidur pagi menghambar rejeki

Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)

Tidak tanggung-tanggung komentar Ibnul Qoyyim. Beliau menyatakan bahwa tidur di waktu pagi adalah penghalang rejeki. Bisa jadi hal ini terjadi karena rejeki dari Allah bisa lebih maksimal ketika dicari pada saat pagi hari. Seperti misalkan burung. Burung akan pergi dari sarangnya pada pagi hari untuk mencari makan. Kemudian ia baru pulang ketika sorenya dan tembolok mereka pun sudah penuh dengan makanan.

Tidur pagi mendatangkan penyakit dan melemahkan syahwat
Komentar lain dari Ibnul Qoyyim soal tidur pagi berikutnya cukup jelas. Beliau menyebutkan bahwa tidur pagi itu mendatangkan penyakit. Bisa jadi penyakit fisik dan tidak menutup kemungkinan penyakit hati.

Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)

Lemah syahwat pun bisa diakibatkan oleh perilaku suka tidur pagi. Oleh karena itu kini saatnya merubah kebiasaan buruk tersebut.


EmoticonEmoticon