Jangan Mengritik Sunnah, Makan Buah Dulu Sebelum Menu Utama - Ustadz Oemar Mita

Tags

(Ambiguistis) - Sunnah adalah tuntunan hidup bagi orang beriman. Sunnah terkadang mengajarkan kita hal yang sangat sepele. Saking sepelenya, sampai seorang muslim pun terkadang meragukan dan berkata "Masa begitu saja mesti pakai dalil". Hati-hati jangan sampai terjerumus pada sifat sombong terhadap sunnah Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam.

Banyak sunnah harian yang mungkin saja belum kita pelajari. Oleh karena itu sudah sewajibnya bagi seorang muslim untuk belajar lagi bagaimana keseharian Rosulullah. Sebab setiap perbuatan Rosulullah itu baik untuk ditiru. Mulai dari beliau bangun tidur hingga bangun lagi, seluruhnya adalah amalan ibadah sunnah.

Termasuk yang mungkin jarang diketahui atau sudah diketahui tapi masih masih ragu. Misalkan sunnah makan buah sebelum makan menu utama. Melihat banyak film atau sinetro menggambarkan bagaiamana orang kaya makan, selalu diakhiri dengan makan buah.

Boleh jadi kebanyakan kita pun sudah termakan oleh pola makan seperti itu. Faktanya, Rosulullah justru sebaliknya dalam makan. Beliau lebih dulu makan buah untuk mengondisikan lambung. Sebenarnya sudah banyak riset yang membahas, namun mungkin di masyarakat masih belum banyak yang memahami.

Masih banyak lagi sebenarnya sunnah sederhana yang belum banyak orang ketahui. Oleh karena itu mari lebih giat lagi mempelajari bagaimana sunnah Rosulullah setiap harinya.


EmoticonEmoticon