Hanya Orang Gila yang Berpendapat Jilbab Tidak Wajib Bagi Muslimah - Buya Yahya

Tags

(Ambiguistis) - Ada dua pendapat yang boleh diambil dalam hal jilbab. Yakni wajib memakai jilbab hingga menutup wajah atau disebut cadar. Pendapat kedua wajib mengenakan jilbab namun boleh menampakkan sebatas wajah dan telapak tangan. Jangan sampai mengikuti pendapat ketiga yakni jilbab tidak wajib. Sebagaimana pendapat ketiga pernah disampaikan oleh Quraish Shihab yang mengatakan jilbab tidaklah wajib. Ia mengatakan bahwa jilbab itu yang penting pakaian sopan.

Alangkah pendapat ketiga ini sesat. Kalau ada orang beranggapan bahwa kebaya adalah pakaian jilbab, maka logika mereka mengatakan itu sah. Padahal dalam Islam, jilbab itu harus memenuhi syarat mutlak yakni tidak ketat, tebal, tidak membentuk tubuh, menutup seluruh tubuh.

Logika orang berakal pasti sepakat bahwa menutup aurat adalah wajib. Hijab, jilbab dan cadar adalah aturan dalam agama bukan adat. Jika mengatakan jilbab hanya masalah adat maka rusak akidahnya.

Ulama bersilang pendapat hanya sebatas wajib cadar dan tidak wajib cadar. Fenomena yang cukup marak adalah istri atau anak kyai masih ada yang tidak berjilbab dengan benar. Ada yang lehernya terlihat, ada yang sekedar memakai kain menutup kepala. Padahal menutup jilbab adalah jauh lebih wajib.


Download Video
Password: angkringan


EmoticonEmoticon