Cerita Lucu Umar bin Khothob dan Amru bin 'Ash Saat Perang - Ustadz Khalid Basalamah

Tags

(Ambiguistis) - Cerita lucu ini terjadi ketika awal mula Amru bin 'Ash masuk Islam. Ia dulu termasuk orang yang sangat memusuhi Islam. Namun setelah masuk Islam, ia menjadi orang yang pembelaannya terhadap Rosulullah sangat kuat. Bahkan akhirnya ia ditunjuk untuk memimpin perang. Tidak main-main, bahkan sahabat sekelas Abu Bakr, 'Umar dan sahabat lain yang lebih dulu masuk Islam pun menjadi pasukan Amru bin 'Ash.

Tapi ada cerita lucu yang terjadi. Siapa yang tidak tahu karakter sahabat 'Umar bin Khoththob. Ia adalah sosok yang tegas dan kuat. Termasuk dalam masalah pengambilan kebijakan. Dalam suatu peperangan, Amru bin 'Ash memerintahkan pasukan untuk tidak menyalakan api. Padahal kala itu dinginnya sangat terasa. Sahabat 'Umar pun sedikit protes.

Di tengah debat itu, Abu Bakr pun menengahi dan menyadarkan 'Umar untuk bersabar atas keputusan komandan perang. Sebab, Rosulullah sendirilah yang menunjuk Amru bin 'Ash dan keputusan Rosulullah selalu dilandasi oleh wahyu. Akhirnya 'Umar pun bersabar dengan kondisi dingin itu.

Saat menjelang pagi, ternyata Amru bin 'Ashr mendapati dirinya junub. Kemudian ia meminta bagian persedian air untuk membawakannya air. Ketika air itu disentuh olehnya, ternyata dinginnya membuat ia tidak tahan kalau harus mandi. Akhirnya Amru bin 'Ash memutuskan untuk tayamum. Lagi-lagi 'Umar protes karena kondisinya ada air tapi kenapa memilih tayamum.

Abu Bakr pun turun tangan lagi meredamkan Umar agar bersabar. Akhirnya, Umar pun meredam kembali sikapnya. Lalu, peperangan pun terjadi.

Simak kisah berikutnya dalam video di bawah ini:



Download Video
Password: angkringan


EmoticonEmoticon