Beli Nokia 3310 atau 3315 Lebih Awet Daripada Beli HP Android Merk China

(Ambiguistis) - HP Nokia 3310 dan 3315 dirilis sekitar 10 tahunan yang lalu. Meskipun begitu, harga HP Nokia 3310 dan 3315 terbaru waktu itu sekitar 1,5 Juta Rupiah. Namun harga HP Nokia 3310 dan 3315 sekarang meskipun sudah tidak ada artinya namun masih saja menjadi kenangan tersendiri. Tapi rasa kangen para penggemar Nokia 3310 dan 3315 sedikit terobati karena HP Nokia 3310 terbaru sudah dirilis.


Memang kesan memakai HP Nokia jadul dengan HP Android itu berbeda jauh. Baik dari sisi device yang perbandingannya jauh, tapi fitur di dalamnya juga ibarat langit dan bumi. Cuma kalau dibandingkan dengan HP Android merk China, maka boleh jadi HP Nokia 3310 dan 3315 tidak kalah saing.

Nokia 3310 dan 3315 lebih tahan banting

Pasti masih ingat bagi yang sudah pernah punya HP bandel satu ini. Kendati sudah sering terbanting, HP masih oke punya. Kalaupun casing pecah, masih bisa diganti dengan banyak pilihan casing. Beda kasus dengan HP Android merk China. Kalau sudah jatuh sekali, biasanya masih sekedar eror. Lalu kalau sudah jatuh kedua kali, biasanya mulai casing belakang pecah. Kalau sudah 5 kali lebih biasanya layarnya yang pecah.

Harga jual kembali

Harga Nokia 3310 dan 3315 bekas, pada masa-masa itu masih lumayan tinggi. Barunya kisaran 1,5 juta, kalau dijual kembali bisa laku 1 jutaan. Tapi ingat, itu dulu sewaktu masa-masa masih musimnya. Kalau sekarang tentu sudah tidak ada lagi wujud barangnya, kecuali jika Anda kolektor HP Jadul. Kalau Hp Android merk China, meskipun belinya di atas 1 jutaan, kalau dijual lagi biasanya tinggal 500 ribuan. Makanya ada istilah, kalau beli HP China berarti sekali beli adalah untuk selamanya atau hingga HPnya mati. Soalnya jika pun sudah mati mau diservis masih mikir-mikir, sebab biaya servisnya sendiri bisa buat beli HP baru lagi, China juga pastinya.

Soal kualitas produk

Siapa sangka kini Nokia gulung tikar. Bahkan sahamnya dibeli oleh Microsoft. Nokia yang dulu membanggakan diri dengan Windows phone telah mengalami kegagalan terbesarnya. Samsung justru kini yang menguasai pasar Android dengan produknya yang luar biasa berkualitas tinggi. Kendati demikian, Nokia tetaplah Nokia, ia sempat berada di hati para pengguna Ponsel. Entah sampai kapan kondisi terburuk Nokia ini akan terjadi, hanya takdir yang akan menampakkan faktanya nanti.

Soal kualitas, HP Nokia 3310 dan 3315 menurut kami masih jauh lebih berkualitas daripada HP Merk China. Baik dari sisi kualitas onderdil maupun build quality. Sekedar opini, mungkin ada yang pro dan kontra. Tapi selama kami menggunakan HP China, mulai dari penerima sinyal, kualitas sound dan lain sebagainya masih kalah jauh meskipun sudah Android.


EmoticonEmoticon