Amalan Biasa Jadi Luar Biasa Karena Akhlak - Ustadz Oemar Mita

Tags

(Ambiguistis) - Amalan yang biasa saja di mata orang, bisa jadi mulia di mata Allah. Inilah kisah yang diceritakan oleh Ustadz Oemar Mita. Seorang sahabat Anshor yang Rosulullah sebut bahwa ia adalah penghuni surga. Tidak main-main kalimat Rosulullah. Ketika Rosulullah menyebut seseorang adalah ahli surga, maka itu adalah fakta. Sebab tidaklah ada berita langit yang tidak valid dari Rosulullah.

Mendengar kalimat itu, sahabat sekelas Abdullah bin Amru bin 'Ash pun penasaran. Padahal ia pun sahabat yang luar biasa amalannya tapi masih merasa kalah atas amal dari seseorang tadi. Hal ini juga karena Rosulullah menyebutkan seseorang tadi selama 3 hari berturut-turut bahwa ia penghuni surga.

Abdullah bin Amru bin 'Ash pun akhirnya ingin menyelidiki amal apa itu. Sahabat Anshor tadi menerima Abdullah bin Amru bin 'Ash yang meminta izin tidur di rumahnya. Abdullah bin Amru bin 'Ash pun tidak melihat amalan luar biasa. Seorang itu setelah sholat 'isya tidur dan tidak sholat malam. Ketika bangun malam, ia hanya sekedar dzikir hingga tenang lalu tidur lain.

Tapi Ustadz Oemar Mita memperingatkan, jangan mengambil dalil ini untuk meninggalkan tahajud. Jika kita memiliki kemampuan bangun malam maka kita sangat ditekankan untuk tahajud. Bahkan bagi yang belum mampu, ditekankan untuk berlahir tahajud.

Hingga berlangsung 3 hari, Abdullah bin Amru bin 'Ash tidak mendapati amal istimewa dari sahabat Anshor itu. Lalu ia memutuskan untuk pulang. Baru beberapa langkah beranjak, sahabat Anshor tadi memanggil sahabat Abdullah bin Amru bin 'Ash. Sahabat Anshor tadi berkata bahwa ia tidak memiliki amal spesial tapi ada satu amal yang ia jaga. Amal sederhana itu adalah ia tidak pernah hasad dan dengki kepada orang. Ketika ia disakiti, maka ia akan memberi maaf dan tidak menaruh dendam. Kemudian sahabat Abdullah bin Amru bin 'Ash menghampiri sahabat Anshor tadi dan berkata, itulah amal biasa yang menjadi luar biasa dan ia dijamin surga.

Simak kisahnya dalam video ceramah ustadz Oemar Mita, Lc di bawah ini:


EmoticonEmoticon