Ketika Istri Lebih Alim daripada Suami - Ustadz Oemar Mita

Tags

(Ambiguistis) - Kisah ini adalah kisahnya Sa'id bin Musayyib dan muridnya. Suatu ketika istri muridnya yang bernama Abdullah meninggal. Hingga ia beberapa hari tidak hadir ke tempat kajian gurunya. Lalu sang guru bertanya kepada sang murid kenapa beberapa hari tidak hadir. Lalu sang murid pun menjawab dengan jujur.

Berkahnya jadi murid yang baik, ia pun ditawarkan untuk menikah dengan anaknya sang guru. Singkat cerita ia pun menikah. Seakan belum percaya bahwa ia menikah dengan anak dari gurunya. Ia pun lupa untuk membawa sang istri ke rumahnya.

Kemudian, suatu hari sang murid hendak menghadiri majlis ilmu Sa'id bin Musayyib. Tapi kemudian istrinya pun mengatakan padanya untuk belajar dengan istrinya saja. Alasannya adalah karena istrinya sudah hafal ilmu dari ayahnya. Maka cukuplah sang istri mengajarinya.

Hikmahnya di antaranya bahwa seorang anak akan mewarisi ilmu orang tuanya. Seorang istri yang memiliki ilmu lebih, adalah pilihan terbaik untuk dijadikan ibu. Namun seorang istri jika memiliki ilmu jauh lebih banyak dari suami, jangan sampai merendahkan suaminya.