Setelah Menikah Lebih Baik Berumah Sendiri Walau Mengontrak - Ustadz Syafiq Reza Basalamah

Tags

(Ambiguistis) - Setelah menikah, kewajiban seorang istri bukan lagi taat kepada orang tua melainkan sudah dilimpahkan kepada suami. Jadi misalkan ada seorang suami ingin tinggal suatu tempat, maka istri pun hendaknya mengikuti suami. Tidak diperbolehkan seorang istri tetap tinggal di rumah orang tuanya jika tanpa persetujuan suami.

Meskipun atas dalih ingin berbakti kepada orang tuanya, seorang istri tetaplah harus mengutamakan suami. Oleh karena itu, komunikasi dengan suami sangatlah diperlukan agar terjadi harmonisasi antara kewajiban ia melayani suami dengan amalan kepada orang tua. Di lain sisi, seorang suami memiliki beban pula untuk menyeimbangkan antara kewajiban berbakti kepada orang tuanya dan memberikan hak kepada istri.

Jika orang tua suami meminta untuk tinggal di rumah, maka suami harus mengomunikasikan dengan istri. Boleh jadi ada hal-hal yang sulit disatukan antara menantu perempuan dengan pihak orang tua suami. Solusi lebih praktisnya adalah membuat dapur yang berbeda antara keduanya. Jika ingin lebih baik maka hendaknya memang berumah sendiri meskipun hanya mengontrak. Namun kontrakan tersebut tidaklah jauh dari rumah orang tua suami.