Ulama Adalah Ulil Amri

(Ambiguistis) - Dalam islam, seorang pemimpin sering diistilahkan juga dengan ulil amri, yaitu orang yang memegang kendali urusan umat. Dalam Al-Qur’an, Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” (QS. An Nisa’: 59)


Ketika menafsirkan makna ulil amri dalam ayat di atas, para ulama berbeda pendapat. Setidaknya ada empat pendapat utama yang mereka ungkapkan:

Pertama, makna ulil amri adalah umara’ atau para penguasa. Pendapat ini diungkapkan oleh Abu Hurairah, Zaid ibnu Aslam, as-Suddiy, Muqatil dan Ibnu Abbas dalam satu riwayat. 

Kedua, ulil amri adalah ahli fiqh dan agama (para ulama). Pendapat ini dipegang oleh Ibnu Abbas, Jabir ibnu Abdillah, Hasan Bashri, Abul Aliyah, Atho’, an-Nakha’i, adh-Dhahak dan Mujahid.

Ketiga, ulil amri adalah para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Makna ini disimpulkan oleh Bakr ibnu Abdillah al-Muzanni dan Mujahid dalam salah satu riwayatnya. keempat, mereka adalah Abu Bakar dan Umar ibnul Khatthab; dan ini pendapat Ikrimah. (Ibnul Jauzi, Zadul-Masîr, 1/424; dan Tafsir al-Khazin, 1/392)

Jadi, salah satu makna ulil amri yang diungkapkan dalam tafsir di atas adalah para ulama. dan ini termasuk salah satu pendapat yang dikuatkan oleh kalangan jumhur. Karena itu, sebagian mufassir ketika memberi definisi ulil amri mereka langsung menyebutkan bahwa maknanya adalah para penguasa dan ulama. Ibnu Katsir misalnya, saat menafsirkan makna ulil amri dalam ayat di atas, beliau menyimpulkan bahwa, “Pendapat yang kuat dalam ayat tersebut adalah ulama dan penguasa.” (Tafsir Ibnu Katsir, 4/136)

Dalam Fathul Qodir, Imam Asy-Syaukani juga menjelaskan, “Ulil amri adalah para imam, penguasa, hakim dan semua orang yang memiliki kekuasaan yang syar’i, bukan kekuasaan thaghut.” (Asy-Syaukani, Fathul Qadir: 1/556) Makna yag sama juga diungkapkan oleh sejumlah mufassir lainnya ketika mendefinisikan ulil amri.

Artinya, sosok ulama merupakan salah satu ulil amri yang memilki pengaruh kuat di tengah-tengah masyarakat Islam. Sebutan ulil amri kepada para ulama tidak lain karena mereka adalah sosok yang memiliki otoritas dalam mengurus persoalan umat terutama dalam urusan agama.