Situs Berita Hoax Seword.com Terancam Penjara dan Denda Ratusan Juta

(Ambiguistis) - Situs Seword.com dilaporkan ke Polda Metro Jaya karena diduga menyebarkan artikel yang diduga berisi fitnah.


Pengamat hukum Akhiar Salmi mengatakan, orang di belakang situs penyebar artikel fitnah dan mencemarkan nama baik memang bisa dijerat dengan Undang-Undang ITE. Sebab penyebar informasi bohong memang dilarang, apalalagi lewat situs.

"Situs itu pasti ada yang membuat. Tinggal telusuri saja orangnya. Kalau fitnah bisa itu (dijerat UU ITE)," ujarnya kepada Okezone, Minggu (19/2/2017).

Aturan ini menurutnya tertuang dalam UU ITE Pasal 27 jo Pasal 45. Yakni setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/ atau mentransmisikan dan/ atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/ atau pencemaran nama baik, bisa dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau denda Rp750 juta.

Jadi menurutnya membuat situs menyebarkan informasi yang benar, tidak masalah. Namun kalau menyebarkan suatu fitnah, itu baru masalah.

Situs Seword.com dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Situs tersebut memuat artikel berjudul "Bukti Anies Jatuh dalam Kubangan Setan". Namun setelah dilaporkan ke polisi, artikel tersebut sudah dihapus. (Sumber: Okezone)