Rokok Hukumnya Haram Bukan Makruh - Ustadz Khalid Basalamah

Tags

(Ambiguistis) - Rokok hukumnya haram bukan makruh. Jika Allah menghadirkan hal-hal yang baik maka Allah menciptakan hal-hal yang buruk. Namun Allah memberikan rambu-rambu bahwa hal yang buruk itu berdampak negatif dan hal yang baik itu berdampak positif.

Allah Taala berfirman, “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.” (QS. al-Baqarah: 29) Maka segala sesuatu yang bermanfaat bagi ruh dan badan, baik berupa makanan, minuman ataupun pakaian, dihalalkan oleh Allah Azza wa Jalla, dengan tujuan untuk membantu seorang hamba menunaikan perintah Allah. Allah Taala berfirman, “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. al-Baqarah: 168)

Allah telah menghalalkan bagi kaum muslimin segala hal yang baik, dan mengharamkan segala hal yang buruk. Allah Taala berfirman, “.. dan Allah menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk..” (QS. al-A’raaf: 157)

Simak pemaparan dari Ustadz Khalid Basalamah berikut ini: