Quraish Shihab Berkata Jilbab Tidak Wajib, Ini Bantahan DR Ahmad Zain An Najah

Tags

(Ambiguistis) - Quraish Shihab berkata bahwa jilbab tidaklah wajib. Ia berdalih bahwa ada perbedaan ulama. Namun ia tidak menyebutkan ulama yang tidak mewajibkan jilbab. Ia juga mengungkapkan bahwasanya perintah jilbab itu tidaklah mutlak melainkan kesadaran. Oleh karena itu, anaknya pun tidak ia tuntun untuk berjilbab dan membiarkan hingga sadar sendiri. Ini kesalahan besar karena jilbab itu perintah dari Allah bukan sekedar kesadaran diri melainkan keharusan.

Quraish Shihab juga berpendapat bahwa jilbab itu tidak bisa diartikan sebagai pakaian menutup aurat. Ia mendefinisikan bahwa jilbab itu pakaian terhormat. Jadi, definisi pakaian terhormat versi Quraish Shihab semisal pakaian artis selama disebut terhormat bagi artis meskipun memperlihatkan aurat adalah jilbab.

Kesalahan lainnya, ia berpendapat bahwasanya orang-orang Indonesia tempo dulu tidaklah berjilbab. Atas dasar ini, ia kemudian mengambil hukum tidak wajibnya jilbab. Ini kesalahan besar karena menghukumi sesuatu dalam agama harus berdasarkan Al Quran dan Sunnah bukan sebatas mengikuti kondisi suatu masa di mana Islam belum tersebar luas.

Simak selebihnya dalam video berikut ini: