Serem, Tiap Manusia Didampingi Jin Qorin - Ust Khalid Basalamah

Tags

(Ambiguistis) - Istilah Jin Qorin sudah tidak asing didengar. Ternyata setiap manusia punya Jin Qorin sendiri. Selain Jin Qorin, ada pula malaikat yang selalu membisikkan kebaikan. Berbeda dengan Jin Qorin yang mengajak untuk berbuat buruk. Bahkan hingga ketika ada orang meninggal dan terkadang masih ada penampakan orang tersebut, maka itu bukanlah arwah si mayit melainkan Jin Qorin yang sedang iseng.

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab,

وَإِيَّايَ إِلاَّ أَنَّ اللَّه أَعَانَنِي عَلَيْهِ فَأَسْلَمَ فَلا يَأْمُرنِي إِلاَّ بِخَيْرٍ

“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما منكم من أحد إلاوقد وكل به قرينه من الجن

“Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” (HR. Muslim) 

Imam An-Nawawi mengatakan, “Dalam hadis ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi tahu bahwa dia bersama kita, agar kita selalu waspada sebisa mungkin. (Syarh Shahih Muslim, 17:158)

Simak penjelasan singkat dari Ustadz Khalid Basalamah berikut ini tentang Jin Qorin berdasarkan hadits Rosulullah shollallaahu 'alayhi wa sallam.