Sekarang Jangan Takut Mabuk Kendaraan Lagi, Coba Trik Sederhana Ini!

(Ambiguistis) - Mengatasi mual dengan minum adalah solusi yang cukup praktis. Namun tidak semua minuman bisa digunakan untuk obat mual. Obat mual yang biasa dijual di warung pun sebenarnya sifatnya untuk menenangkan otak dengan memberikan relaksasi sehingga kebanyakan setelah minum obat itu jadi langsung tidur.

Mual atau pusing yang biasa disebut mabuk kendaraan terjadi karena otak tidak mampu beradaptasi dengan cepat terhadap kondisi lingkungan yang serasa bergerak. Visual mata pun menjadi sulit dikendalikan dalam jangka waktu sebentar. 


"Tapi ini ada kaitannya antara ketidaksesuaian antara sinyal dari gerakan yang berasal dari mata dan telinga bagian dalam," kata dr.Lawrance Szarka, ahli gastroenterologi.

Sebagian orang lebih memilih mengatasi mabuk kendaraan dengan cara alami seperti mengoleskan minyak hangat. Ada pula yang meminum minuman bersoda agar sendawa.

"Tubuh kita sangat baik dalam memberitahu apa yang kita butuhkan, dan kebanyakan orang yang merasa mual sudah lebih baik setelah minum air putih," katanya.

"Karbonasi bisa menurunkan keasaman dalam lambung, sehingga rasa mual berkurang," kata Szarka.

Minuman cola juga memiliki kandungan asam phosphoric yang ditemukan dalam obat antimual yang dijual bebas.

Selain itu, minuman lain yang juga dipercaya efektif adalah minuman teh jahe. Tetapi minuman jahe kemasan terkadang hanya mengandung perasa jahe, sehingga zat yang menghilangkan mual sebenarnya adalah gula atau karbonasi.

Penelitian menunjukkan, air kelapa sama bagusnya dengan minuman olahraga dalam hal mengganti cairan yang hilang setelah berolahraga dan juga mengurangi rasa mual.

"Hindari minuman alkohol dan kafein saat sedang mual. Konsumsi saja apa yang rasanya nyaman di perut. Terkadang, hal sederhana adalah pilihan terbaik," katanya.