Robot Anjing Tercanggih Milik Google Siap Beroperasi

(Ambiguistis) - Robot anjing tercanggih milik Google telah siap untuk menggonggong. Perusahaan Boston Dynamics yang berdiri di bawah naungan Google telah berhasil mengembangkan robot anjing tercanggih. Perusahaan ini telah diakuisisi oleh pihak Google sejak Desember 2013. Bentuknya memang mirip seperti anjing sehingga pantas disebut robot anjing.


Boston Dynamics merupakan perusahaan pengembang dan perancang robot yang berbasis di Amerika Serikat. 

Seperti diketahui, robot-robot yang dikembangkan Boston Dynamics salah satunya untuk membantu tentara atau militer di medan perang. Boston Dynamics didirikan pada 1992 oleh Marc Raibert, mantan profesor di Massachusetts Institute of Technology. Robot yang dapat berjalan, bahkan berlari kencang buatan Boston Dynamics dikenal memiliki kemampuan canggih dengan penguasaan bergerak di medan permukaan kasar atau menanjak.

Robot dengan empat kaki ini diklaim dapat berjalan tanpa mengeluarkan suara bising dan digunakan untuk membantu marinir atau angkatan laut di AS. 

Robot tersebut dapat dikontrol dari jarak 500 meter dengan laptop serta kontroler video game. Walau memiliki kaki empat, Spot kabarnya mudah dikendalikan serta diandalkan untuk misi pengintaian musuh.

Dilansir Engadget, Minggu (22/11/2015), robot dengan berat 160 pound itu dinamakan Spot. Angkatan laut di AS menguji kemampuan Spot yang dapat berjalan di medan kasar dari lantai beton, bukit, hutan dan kota. (Khothob/Okezone)