Mantan Pemain Barcelona, Xavi Hernandez Kagum dengan Kaum Muslimin

Tags

(Ambiguistis) - Mantan pemain Barcelona yang namanya telah terkenal di seluruh penjuru dunia, Xavi Hernandez mengaku kagum dengan Islam. Ia telah keluar dari Barcelona pada musim panas lalu dan sekarang membela sebuah klub besar di Qatar yaitu Al Sadd. Rekan setim Xavi yang mayoritas muslim begitu berbeda dengan ketika ia berada di tim raksasa Barcelona.


Xavi banyak belajar tentang budaya timur tengah yang sangat jauh berbeda dengan budaya barat. Rasa malu lebih dijunjung tinggi dan nilai ibadah tertanam begitu sakral.

Pemain bola yang telah membawa Spanyol juara piala dunia 2010 tersebut menceritakan beberapa kisahnya kepada Sport. Beberapa kisah tersebut seperti saat ia berada di kamar ganti pemain. Biasanya, ia dan pemain lain ditim sebelumnya biasa melepaskan celana dalam di ruang tersebut dan itu wajar. Namun tatkala ia akan melakuakn itu untuk berganti pakaian, rekan setimnya melarangnya.

"Mereka bilang, 'di sini, kami tidak melakukan itu, celana dalam tidak perlu dilepas'. Lalu saya ingat bahwa beberapa rekan saya, seperti Abidal, Keita, dan Affelay juga melakukan hal yang sama. Ini adalah situasi yang membuat Anda harus mempelajari budaya baru," ujar Xavi, seperti dilansir Sport.

Para pemain tim Al Sadd Qatar tersebut juga sangat menjaga sholat mereka. Xavi kagum dengan komitmen muslim di Qatar yang enggan meninggalkan ibadah salat ketika waktunya tiba. Kebanyakan dari rekan-rekan setimnya akan berhenti latihan sejenak untuk menjalani ibadah salat.

"Mereka adalah bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya dan tidak melewatkan satu kesempatan untuk beribadah," kata Xavi. (Ambiguistis/Sport)