Hacker Syi'ah Iran Gagal Serang Akun Facebook Pejabat Amerika

(Ambiguistis) - Hacker negera Syi'ah Iran gagal memata-matai jajaran pemerintah Amerika Serikat. Para Hacker Syi'ah tersebut ketahuan tatkala akan meretas akun Facebook beberapa pejabat AS.

Para Hacker Syi'ah Iran juga telah berhasil menyelundup ke beberapa akun e-mail dan akun online lain milik pejabat AS.

Ilustrasi: Hacker negara syiah Iran (Foto: http://www.valuewalk.com)
"Kami melakukan ini karena serangan (government-sponsored) semacam itu biasanya lebih canggih dan berbahaya," tulis Facebook dalam penjelasannya. 

Cara pihak Facebook mendeteksi serangan sengaja dirahasiakan supaya tak diakali peretas. Fitur tersebut awalnya diperuntukkan bagi masyarakat biasa agar waspada terhadap aksi mata-mata lembaga pemerintahan, seperti yang dilakukan oleh dinas intel AS, National Security Agency.

Dalam praktiknya, kali ini, fitur tersebut kini justru membantu pemerintah AS dalam mengidentifikasi serangan maya dari pihak luar. Dilansir BGR, menurut seorang pejabat negara senior AS, Iran punya tim mata-mata yang kuat dan hati-hati dalam kasus ini. 

"Mereka bahkan tahu siapa saja staf kami yang bekerja untuk isu-isu Iran. Saat ini nuklir mereka telah rampung," kata dia. 

Intelijen AS yakin bahwa Iran akan terus melancarkan usaha untuk mendapat informasi dari pejabat negara AS dengan cara halus. Pun begitu, kata intelijen tersebut, Iran tak bakal melakukan tindakan ekstrim yang membahayakan perjanjian nuklir multilateral, yang ditetapkan pada awal tahun ini. 

Iran tak akan menghancurkan, tapi mereka akan lebih agresif dalam aksi mata-mata," kata perwakilan Center for Strategic and International Studies James Lewis.