Sinting, Militer Amerika Dipegang Oleh Gay

Tags

(Ambiguistis) - Eric K. Fanning pada Jumat kemarin dicalonkan oleh Presiden Barack Obama sebagai Menteri Bidang Militer Amerika Serikat. Pria secara terbuka mengaku homoseksual tersebut menjadi yang pertama dari kelompok LGBT menembus struktur komando kemiliteran Amerika Serikat. 

"Dia memberi banyak pembuktian dari tahun ke tahun berdasar pengalaman dan kepemimpinannya yang luar biasa untuk mendukung peran barunya," ungkap sang presiden dalam pidato saat mengusulkan nama Fanning, seperti dikutip dari Guardian, Jumat (18/9). 

"Saya sangat berterimakasih atas komitmennya kepada pria dan wanita di militer. Saya sangat percaya bila dia sanggup memimpin pasukan tempur Amerika di tengah perbedaan," imbuh Obama.  

Kendati demikian, Senat AS masih akan menimbang lagi, dapatkah Fanning memimpin bala tentara Negeri Adi Daya itu kendati tidak bisa menjegal pencalonannya. Fanning sebelumnya menjalankan tugas setara dirjen di bawah Kementerian Pertahanan AS sejak Juni. Sebelumnya dia adalah staf ahli Menteri Pertahanan Ashton Carter. Selain itu Fanning pernah menjabat sebagai staf di bawah naungan Kementerian Angkatan Udara serta Deputi Wakil Menteri Angkatan Laut. 

Di periode terakhirnya menjabat, Obama bersikap lebih agresif memberikan persamaan hak terhadap Lesbian, Gay, Biseks, Transgender (LGBT) di ranah publik maupun ranah kemiliteran. 

Presiden AS yang pernah menjalani masa kecilnya di Indonesia itu mencabut aturan diskriminatif bagi tentara Negeri Paman Sam yang menyukai sesama jenis. Misalnya, Obama telah menghilangkan aturan "Jangan tanya, Jangan Katakan" pada 2010. Itu adalah adalah beleid melarang kaum LGBT membuka status orientasi seksualnya kepada rekan atau atasan saat berdinas militer.

Source: Merdeka
Ed: Khothob