Metamorfosis Samsung, Rajai Pasar Ponsel

Ambiguistis - Sedikit flashback, dahulu semasa saya SD, Hp termasuk barang yang begitu mewah. Sejak Hp mulai booming dan harganya semakin murah, vendor yang begitu memikat hati masyarakat Indonesia saat itu adalah Nokia. Sebagai raja ponsel saat itu, Nokia begitu santer meluncurkan berbagai model ponsel yang mudah, murah dan variatif. Sony yang saat itu bergabung dengan Ericsson pun tak kalah dengan mengikuti arus perkembangan dan salah satu keunggulan yang disajikan adalah vitur music. Berbeda merk tentu berbeda ranah kerja, Samsung saat itu terkesan masih eksklusif. Selain harganya dapat dikatakan paling mahal daripada kedua vendor ternama itu, juga penggunaannya pada masa itu dianggap sulit oleh sebagian orang. Motorola berbeda pula, meskipun agar ketinggalan dari ketiga vendor di atas namun Motorola saat itu fokus pada Smartphone/PDA. Siemens pun sebagai vendor besar masa itu memiliki ciri khas tersendiri yakni Hp tangguh, tahan banting dan tahan air. Ada pula Alcatel, Modottel, dan lain sebagainya.

Ada pertanyaan yang mendasar, kemanakah vendor-vendor ternama itu sekarang?

Nokia sebagaimana kita ketahui bersama. Sekarang masih tetap eksis dan bahkan mencoba merambah 2 basis OS smartphone yakni Android dan Windows Phone. Bukan bersantai ria yang Nokia lakukan melainkan kerja keras sehingga masih dapat eksis diera penuh saingan itu. Sony yang sepertinya berpisah dari kolega lamanya yakni Ericsson tak mau kalah saing. Dengan Experia, Sony turut serta dalam kancah perhelatan akbar perang tanding memperebutkan gelar vendor nomor wahid.

Motorola, entah ke mana gerangan seolah kian tenggelam termakan zaman. Memang Motorola sudah meluncurkan beberapa tipe smartphone Android namun sepertinya kurang begitu booming. Siemens, seolah pergi tanpa pamit. Dahulu karya-karya Siemens begitu bagus dan kuat namun entah kenapa justru pabriknya yang tak sekuat karyanya. Samsung, entah angin dari mana sekarang Samsung begitu menguasai pangsa pasar ponsel. Bahkan BB dan Apple pun belum bisa menumbangkan rival terberat para vendor ponsel itu.

Lantas siapa lagi yang akan silih berganti merajai pasar ponsel, kita nantikan saja kejutan berikutnya.


EmoticonEmoticon